Kategori
Uncategorized

 4 Manfaat Baik Mendengarkan Musik Sambil Olahraga

Ketika sedang berolahraga, tentu saja setiap orang punya caranya masing-masing agar aktivitasnya tersebut jadi lebih menyenangkan.

Mendengarkan musik saat olahraga ternyata bisa memberi efek yang luar biasa untuk tubuh. Ya, cukup dengan arm strap dan earphone beserta beberapa lagu bisa memompa semangat.

Menurut Huff Post, bahwa mendengarkan musik ketika pergi ke gym akan memiliki efek yang lebih mendalam selama latihan.

Seraya memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh hari ini, 9 Maret, cari tahu yuk 5 manfaat baik mendengarkan musik saat olahraga yang sudah dirangkum oleh kami yang perlu kamu ketahui.

1. Memengaruhi mood sehingga menjadi lebih semangat

Musik disebut sebagai media yang bisa meningkatkan mood serta motivasi seseorang. Apalagi saat berolahraga, sudah pasti tubuh akan lebih rileks dan merasa bahagia.

Ketika kamu berolahraga sambil mendengarkan musik maka bisa mengubah suasana hati, sehingga jadi semangat dalam menggerakkan tubuh selama latihan.

Sebab intensitas lagu sangat berpengaruh pada sistem saraf dan kinerja otak, hal ini terbukti memengaruhi mood seseorang.

2. Meningkatkan hormon kebahagiaan
Berolahraga meningkatkan produksi serotonin — hormon yang memberikan perasaan senang, yang ada di dalam tubuh . Sementara itu mendengarkan musik dapat meningkatkan dopamin yang memberikan rasa nyaman. Jadi olahraga dan musik dapat menjadi kombinasi yang bagus untuk menghasilkan hormon yang membahagiakan.

3. Sebagai penyalur emosi dan tubuh menjadi sehat
Sebagian orang, berolahraga tanpa mendengarkan musik mungkin terasa kurang lengkap. Sedangkan mendengarkan musik saat di gym atau berolahraga ternyata sangat menghibur dan dapat meningkatkan fokus.

Musik bisa menimbulkan perasaan senang, mengubah proses berpikir serta menyebabkan perubahan perilaku menjadi lebih baik.

Efek psikologis dari mendengarkan musik ialah sangat menyenangkan, karena memiliki kadar serotonin yang lebih tinggi atau dikenal sebagai hormon “feel good”.

Dengan begitu, musik dapat dijadikan sebagai penyalur emosi. Alhasil emosi terlampiaskan dan tubuh menjadi sehat.

4. Meningkatkan kordinasi anggota tubuh dan otak
Studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang disukai menghasilkan aktivitas listrik pada otak yang mengatur kordinasi gerakan semain baik. Seperti saat olahraga senam musik atau aerobik, gerakan dari instruktur akan mudah diikuti, bila musik yang terdengar menyenangkan.

Musik tempo cepat akan menghasilkan gerakan yang cepat. Begitu juga sebaliknya, musik tempo lambat juga akan menghasilkan gerakan yang lebih lambat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *