Kategori
Uncategorized

Musik Mempermudah Tidur ?

Sebagian orang yang mengalami kesulitan tidur (insomnia), menemukan cara untuk mengatasinya dengan melakukan perubahan dalam kebiasaannya sehari-hari. Sebagai contoh, berhenti merokok dan minum alkohol menjelang tidur atau tidak lagi minum kopi di malam hari. Ternyata ada juga yang menempuh jalan dengan mendengarkan musik saat tidur. Namun, benarkah efektif untuk mengatasi insomnia?

Manfaat mendengarkan musik saat tidur

Banyak orang minum obat tidur untuk mengobati gangguan tidur, tetapi beberapa obat tidur mungkin memiliki efek samping. Sementara metode alami seperti mendengarkan musik tidak menyebabkan bahaya serius.

Menurut penelitian tahun 2018, musik banyak digunakan orang untuk mengatasi gangguan tidur. Penelitian ini dilakukan oleh Tabitha Trahan dan rekan-rekannya dari University of Sheffield, Inggris dan diterbitkan dalam jurnal PLOS One. Para peneliti melakukan survei online tentang penggunaan musik sebagai alat bantu untuk tidur pada masyarakat umum.

Survei ini mencakup musikalitas, kebiasaan tidur, tanggapan tentang musik apa yang dapat mengatasi gangguan tidur dan alasannya. Hasil survei tersebut menunjukkan terdapat 62% dari 651 responden yang melaporkan bahwa mendengarkan musik saat tidur membantu mereka mengatasi gangguan tidur.

Ternyata setelah peneliti telusuri, ada beberapa efek positif dari mendengarkan musik untuk orang yang susah tidur, antara lain:

Musik memengaruhi otak yang mengatur tidur
Tahukah Anda bahwa otak adalah organ yang mengatur tidur? Ya, pasalnya otak menghasilkan hormon yang bisa merangsang rasa kantuk dan mengelola suasana hati jadi lebih baik.

Saat Anda mendengarkan musik sambil tidur, otak akan merespons musik tersebut. Kemudian, otak mengirimkan sinyal ke setiap bagian tubuh sebagai hasil reaksi dari musik yang didengarkan. Sebagai contoh, memengaruhi laju pernapasan dan detak jantung yang mengikuti detak musik.

Jenis lagu juga dapat mengubah kimiawi tubuh dan kadar hormon yang otak produksi. Misalnya, mendengarkan lagu yang menyenangkan dapat meningkatkan kadar serotonin, yang membuat kita bahagia. Perasaan yang bahagia inilah yang bisa mengalahkan kecemasan dan rasa stres, sebagai penyebab susah tidur.

Selain itu, musik juga memicu hipokampus, yakni bagian otak yang terkait dengan penyimpanan memori jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *