Kategori
Uncategorized

Pentingnya Musik bagi Kehidupan

Sebagai karya seni, musik pada hakikatnya tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Merupakan hal yang sungguh-sungguh keliru kalau eksistensi musik hendak dipisahkan dari bidang-bidang kehidupan manusia lainnya. Pun diyakini bahwa musik mempunyai tenaga yang bisa berimbas kepada sendi-sendi kehidupan manusia. Semacam pula musik sebagai komponen dari kebudayaan keberadaannya tak dapat dilepaskan dari skor-skor yang hidup di masyarakat bersangkutan.

Sebagaimana dikemukakan oleh banyak tokoh pemikir kebudayaan, bahwa dunia kesenian – temasuk seni musik di dalamnya – yaitu komponen dari kebudayaan yang tidak terpisahkan dari peradaban manusia, masyarakat atau suatu bangsa. Pun indikasi tinggi-rendahnya peradaban suatu masyarakat atau sebuah bangsa bisa diselidiki dari skor-skor terkandung didalamnya, termasuk dari watak-watak karya keseniannya. Sebab pada dasarnya karya seni (musik) yaitu refleksi perasaan, pikiran, atau cerminan realitas sosial dari skor-skor kehidupan yang ada dalam masyarakat hal yang demikian. Via musik ini pula kita bisa belajar tata skor bagus sosial-adat istiadat, moralitas, spiritual, religius, ataupun interaksi antarmanusia dalam kehidupan suatu masyarakat, bangsa atau negara.

Berikutnya bagaimana mengintegrasikan peran dan fungsi musik dalam kehidupan di dalam aktivitas besar manusia bernama kebudayaan dan bidang-bidang kehidupan lainnya, seperti sikap dan skor hidup, moralitas, intelektualitas, edukasi, malahan dalam kehidupan politik.

Jadi, sebegitu pentingkah musik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara? Sejauhmana imbas musik menyusun karakter bangsa dalam kehidupan bernegara? Masih relevankah pertanyaan ini dilontarkan untuk mempertegas kembali janji tanggungjawab para penggiat seni musik di tengah imbas tenaga ideologis global?

Berdasarkan filsuf Plato asal Athena – Yunani (427 – 347 SM), bahwa musik memiliki peran cukup kuat dalam kehidupan negara. Dalam bukunya yang sungguh-sungguh familiar ialah Republik, filsuf yang banyak memberi donasi pemikiran di bidang filsafat, budi pekerti, keindahan dan kenegaraan ini juga menyinggung perihal pentingnya peran musik dalam kehidupan. Termasuk didalamnya bahwa musik mempunyai imbas cukup kuat di bidang politik. Musik dapat untuk tenaga, kebaikan ataupun kriminal. Pun diceritakan kejayaan atau keruntuhan suatu negara bisa disebabkan musik.

Benarkah kejayaan atau keruntuhan suatu negara bisa disebabkan sebab musik, seperti disuarakan Plato? Walaupun pendapatnya ini terbilang ekstrem, namun setidaknya terminologi ini didasarkan bahwa eksistensi musik dalam suatu masyarakat yaitu pencerminan dari watak, karakter, moralitas dari masyarakat atau bangsa hal yang demikian. Tinggal bagaimana keberadaan akan absensi musik ditempatkan di tengah kehidupan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.