Kategori
Uncategorized

Musik Menggambarkan Suasana Hati

Apakah anda termasuk orang yang mendengarkan musik setiap hari? Jika ya, pasti sebagian dari lagu-lagu itu dapat membuat anda larut dalam suasana lagu tersebut menyesuaikan suasana hati. Kita dapat menjadi semangat ketika mendengarkan musik rock dan bisa ikut bersedih mendengar musik yang bernada sendu. Sebenarnya apakah musik yang memengaruhi suasana hati kita? Atau sebaliknya, suasana hati kitalah yang memengaruhi efek dari musik yang kita dengar?

Sudah sejak lama musik dikaitkan dengan psikologi pendengarnya. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa genre musik yang paling sering didengarkan seseorang berkaitan erat dengan kepribadiannya.

Salah satu studi terbaru berkaitan dengan hal itu adalah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Adrian North dari Heriot-Watt University, Edinburgh, Inggris. North adalah seorang ahli ilmu psikologi musik. Selama tiga tahun terakhir seperti dilaporkan situs PsychCentral, North telah melakukan survei terhadap lebih dari 36.000 orang dari 60 negara dengan selera musik yang berbeda-beda. Selera musik tersebut kemudian dihubungkan dengan beberapa aspek kepribadian yang dimiliki oleh para responden.

Hal itu ternyata sudah bisa dibuktikan oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa musiklah yang memengaruhi suasana hati seseorang. Ketika seseorang mendengarkan musik bernada gembira, maka akan berpengaruh positif dengan keadaan hati orang tersebut begitu juga sebaliknya.

Penelitian tersebut membedakan musik yang tersebar di media menjadi dua jenis, yaitu musik instrumental dan musik berlirik. Musik instrumental hanya memperdengarkan permainan alat musik yang dimainkan oleh musisi, seperti piano, gitar, biola, dan lainnya. Sementara musik berlirik memiliki vokal dan arti dalam liriknya.

Musik berlirik lebih banyak digemari karena bisa dinyanyikan oleh semua orang, sementara instrumental hanya bisa dimainkan oleh orang yang bisa memainkan alat musik tersebut saja. Elemen-elemen dalam musik seperti ketukan, tempo, arti lirik, gabungan suara, volume, dan kejernihan suara tersebutlah yang dapat memengaruhi keadaan hati seseorang. Maka dari itu, musik jazz yang dapat memberikan suasana tenang sering diputar di tempat-tempat makan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.