Kategori
Uncategorized

Musik Menjadi Insan Bagi Banyak Manusia

Musik Adalah – Pengertian, Fungsi, Sejarah, Jenis Dan Unsurnya – Dalam hal ini kami yakin bahwa kalian pasti pernah mendengarkan musik, bahkan mungkin setiap hari kalian selalu memutar lagi favorit. Mungkin salah satu alasan mengapa orang-orang sering memutar musik karena salah satu manfaat dan fungsi musik ialah membuat perasaan pendengarnya senang. Nah dibawah ini nanti kami akan sertakan jenis-jenis “genre” musik yang ada dunia beserta unsur yang ada dialam musik.

Apa yang dimaksud musik? Kita tentu tidak asing dengan kata musik, mungkin kita sering mendengarkan musik setiap hari. Tapi tahukah kamu apakah arti musik yang benar? Musik merupakan salah satu bentuk kesenian yang didengarkan lewat indera pendengaran atau telinga.

Mungkin setiap hari kita mendengarkan musik. Entah itu lagu Indonesia, lagu barat atau lagu-lagu lain, kehadiran musik tak bisa dipisahkan. Media mendengarkan musik pun beragam. Jika dulu kita mendengar musik lewat CD atau kaset, kini musik bisa didengar lewat berbagai platform atau aplikasi musik online lainnya.

Menurut Banoe (2003 : 288)
musik yang berasal dari kata muse yaitu salah satu dewa dalam mitologi Yunani kuno bagi cabang seni dan ilmu; dewa seni dan ilmu pengetahuan. Selain itu, beliau juga berpendapat bahwa musik merupakan cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara ke dalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia.

Menurut Jamalus (1988 : 1)
musik adalah suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.

Menurut Sylado (1983 : 12)
mengatakan, bahwa musik adalah waktu yang memang untuk didengar. Musik merupakan wujud waktu yang hidup, yang merupakan kumpulan ilusi dan alunan suara. Alunan musik yang berisi rangkaian nada yang berjiwa akan mampu menggerakkan hati para pendengarnya.

Itulah beberapa versi pengertian tentang musik. Para pembaca tentunya harus bisa menarik kesimpulan dari berbagai pengertian musik agar mudah dipahami dan diresapi. Harus diingat bahwa musik itu sebuah bagian dari seni, dan seni itu tidak kaku, jadi ekspresikan kreativitas dalam bermusik yang  sebesar-besarnya, junjung tinggi sebuah totalitas bermusik, dan yang terpenting musisi yang “benar benar musisi” adalah musisi yang idealis. Sekian dulu ulasan tentang pengertian musik kali ini dari saya. Salam harmoni!

Satu tanggapan untuk “Musik Menjadi Insan Bagi Banyak Manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.